Rabu, 20 Agustus 2014

MAKALAH PERSUASI



MAKALAH
PERSUASI
Dosen Pengampu : Dewi Fatimah



Disusun oleh :
1.      Aknessia Novitasari               (12110166)
2.       Indah Saputri                        (12110177)
3.       Wining Yuliana                     (12110162)
4.       Khasanatul Lidayati             (12110183)
5.       Ismadi                                    (12110026)
6.      Dwi setyawan                         (12110154)
7.      Anton. P                                 (12110163)
Kelas : 1E/ PPB


PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI SEMARANG
2012






BAB I
Pendahuluan
A.    Latar Belakang
Persuasi adalah suatu bentuk pengaruh sosial. Persuasi adalah proses membimbing diri sendiri atau yang lain terhadap adopsi ide, sikap, atau tindakan dengan cara rasional dan simbolik (meskipun tidak selalu logis).
Setiap hari kita selalu mengalami usaha pengubahan sikap ini dalam jumlah yang sangat banyak. Bila kita cermati bentuknya sangat beragam dari mulaipapan iklan di jalan, iklan di radio dan televisi, iklan di koran dan majalah, kampaye calon presiden sampai pada acara-acara sosial merupakan beberapa contoh model persuasi.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah pengertian persuasi, syarat-syarat persuasi?
2.      Apa sajakah yang tergolong dalam persuasi?
3.      Bagaimanakah metode-metode yang ada dalam persuasi?
4.      Apakah sumber persuasi yang efektif?

C.    Manfaat dan Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian persuasi dan syarat-syarat persuasi.
2.      Untuk mengetahui apa saja yang tergolong dalam persuasi.
3.      Untuk mengetahui metode-metode yang ada dalam persuasi.
4.      Untuk mengetahui sumber persuasi yang efektif.






BAB II
PEMBAHASAN
PERSUASI
Karangan yang berisi ajakan kepada pembaca dengan menyampaikan alasan, contoh, dan bukti yang meyakinkan sehingga pembaca membenarkannya dan bersedia melaksanakan ajakan hal-hal yang baik demi kepentingan masyarakat banyak. Lazimnya berbentuk prosa.
A.    Pengertian
Persuasi(menurut Gorys Keraf) suatu seni verbal yang bertujuan untuk meyakinkan seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki ileh pembicara (bentuk lisan, misalnya pidato) atau oleh penulis (bentuk tulisan, cetakan,elektronik) pada waktu ini atau pada waktu yang akan datang.
B. Syarat-syarat
1. Watak dan kredibilitas pembicara harus percaya diri dan mampu meyakinkan pendapatnya itu kepada orang lain.
2. Kemampuan pembicara mengendalikan emosi. Hal ini akan mendukung keputusan  yang diambilnya.
3. Diperlukan bukti-bukti yang meyakinkan untuk mendukung kebenarannya.
C. Ciri-ciri persuasi
a. Harus menimbulkan kepercayaan pendengar/pembacanya.
b. Bertolak atas pendirian bahwa pikiran manusia dapat diubah.
c. Harus menciptakan persesuaian melalui kepercayaan antara. pembicara/penulis dan yang diajak berbicara/pembaca.
d. Harus menghindari konflik agar kepercayaan tidak hilang dan tujuan tercapai.
e. Harus ada fakta dan data secukupnya.
D. Yang tergolong kedalam persuasi
a. Bentuk pidato, misalnya  kampanye lisan, dan penjual jamu ditempat-tempat terbuka.
b. Bentuk tulisan berupa iklan dan selebaran.
c. Bentuk elektronik, misalnya iklan di televisi, bioskop, dan internet
E.  Ada beberapa metode atau bentuk persuasi yang bermoral yaitu  metode yang  melibatkan    pengaruh alami dan didasari oleh rasa hormat yang sejati. Metode persuasi yang bermoral yaitu :
     a. Pendidikan
Pendidikan merupakan bagian dari persuasi juga,karena pendidik (guru,dosen atau       instruktur) berusaha mepengaruhi atau mengubah perilaku siswa dengan ilmu yang di ajarkan.
     b.Terapi
Terapi juga melibatkamn penggunaan pegaruh secara alami, dimana kita mengharapkan seseorang untuk sanggup mengendalikan hidup mereka sendiri serta bebas mengaktualisasikan potensi-potensi diri mereka.
c.       Dialog
Aspek penaruh alami lainnya adalah sikap saling menghormati yang memungkinkan”sumber” untuk berdialog dengan “sasarannya” , sehingga nantinya siapa yang menjadi “sumber” dan siapa yang menjadi “sasaran” akan menjadi kabur dan serinng kali guru serta para ahli terapi mendapati bahwa justru diri mereka telah belajar dari murid atau kliennya.
d.      Kesadaran
Kita bisa menjadi manusia yang lebih baik jika berusaha untuk lebih terbuka terhadap dunia di sekitar kita.
·         Dengan menarik alas an :
1.      Argument Logis
2.      Logika
3.      Retorik
4.      Metode ilmiah
5.      Bukti
·         Dengan menarik emosi:
1.      Iklan
2.      Iman
3.      Prosentasi dan imajinasi
4.      Propaganda
5.      Penggodaan
6.      Tradisi
7.      Kasihan
·         Bantuan untuk persuasi:
1.      Bahasa tubuh
2.      Komunikasi ketrampilan/ retorika
3.      Teknik penjualan
·         Teknik lainnya:
1.      Penipuan
2.      Hipnotis
3.      Sosialisasi
4.      Power (sosiologi)
5.      Iklan subliminal
  F.Sumber atau  kondisi persuasif yang efektif :
A. komunikator  yahng kredibel atau memiliki kealin dibidangnya.
B.Kejujuran,yaitu jika kita menganggap seseorang itu jujur,kita akan        mempercayainya.
            C.komunikator yang menarik dalam cara tertentu(secara fisik)lebih persuasif dari       pada komunikator yang kurang menarik secara fisik dan kurang memili keahlian.
            D.Orang yang terganggu oleh hal lain daripada ketika mereka memperhatikan dengan baik pesan yang disampaikan akan lebih mudah dipersuasi.
            E.Orang yang berbicara dengan cepat sering kali lebih persuasf dari pada orang berbicara lebih lambat.
            F.Persuasi dapat ditingkatkan dengan pesan yang merangsang emosi yang kuat (terutama  rasa takut) pada pendengar.








BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Kesimpulan dari materi ini adalah  untuk member ajakan pada orang lain atau mengubah sikap orang lain dengan menggunakan  berbagai macam alat komunikasi.

B.     SARAN
Saran dari materi ini menurut kami adalah persuasi dapat meningkatakan pesan yang merangsang emosi yang kuat(terutama rasa takut) pada pendengar, khususnya ketika komunikasi memberikan rekomendasi tertentu bagaimana mencegah atau menghindari kejadian yang menyebabkan rasa takut yang digambarkan.


















DAFTAR PUSTAKA

Widiharto, Argo. 2010. Psikologi Sosial. Semarang: FIP IKIP PGRI SEMARANG.
 

1 komentar:

  1. Easy "water hack" burns 2 lbs OVERNIGHT

    At least 160,000 men and women are hacking their diet with a simple and SECRET "liquid hack" to burn 1-2lbs each night while they sleep.

    It's easy and it works on anybody.

    This is how to do it yourself:

    1) Go get a clear glass and fill it up with water half glass

    2) And then do this amazing hack

    you'll be 1-2lbs lighter the next day!

    BalasHapus